Tugas Informatika

TUGAS INFORMATIKA



1. Apakah yang dimaksud dengan Jaringan Komputer?
Jawab: 
    Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan bersama-sama sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lain dan berbagi sumber daya.

2. Sebutkan jenis-jenis jaringan!
Jawab:  
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Internet
  • Intranet
3. Apakah yang dimaksud dengan Internet?
Jawab: 

    Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan kamu untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja.

4. Bagaimanakah cara menghubungkan komputer dengan jaringan internet?

Jawab: 

  • Mengakses internet menggunakan jaringan komputer lokal berarti menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke internet.
  • Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, dan sebagainya.
  • Jaringan LAN biasanya dibangun dengan menggunakan teknologi kabel, nirkabel, atau gabungan keduanya. 
5. Apakah yang dimaksud dengan ISP?
Jawab: 

Perusahan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider (ISP).

6. Sebutkan perusahaan ISP di Indonesia yang kamu ketahui!

Jawab: 

  • Telkom Indonesia
  • Indohome
  • Biznet
  • First Media
  • MNC Play
7. Sebutkan Jenis-jenis sambungan internet!
Jawab: 
  • Jaringan kabel (wires network)
  • jaringan nirkabel (wireless network) 
8. Apakah yang dimaksud dengan sambungan Dial-Up? Sebutkan contohnya!
Jawab: 

    Dial-up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap atau saluran telepon bergerak yang lazim disebut modem. Koneksi menggunakan teknologi dial-up, proses yang terjadi adalah komputer melakukan pemanggilan telepon (melakukan dial-up) melalui modem kepada penyelenggara jasa internet.

    Inilah beberapa contoh koneksi internet dial-up, misalnya seperti menggunakan line telepon tertentu. Koneksi dengan menggunakan handphone yang memiliki fasilitas modem dan bisa juga menggunakan modem USB (Universal Serial Bus).

9. Apakah yang dimaksud dengan sambungan Internet ADSL?

Jawab: 

    ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentransmisikan data dengan cepat yang tinggi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik, sifat asimetrik maksudnya bahwa data ditransferkan dengan kecepatan berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

 10. Apakah yang dimaksud dengan 3,5G atau HSDPA?

Jawab: 

    High-Speed Downlink Packet Acces (HSDPA) adalah sebuah protokol komunikasi bergerak yang berteknologi 3,5G (third generation) yang mampu meningkatkan kecepatan tranfer data dan kapasitas data lebih besar pada jaringan yang berbasis Universal Mobile Telecommunication System (UMTS).

11. Berapakah kecepatan akses internet dengan teknologi 3,5 G?

Jawab: 

    Kecepatan yang dihasilkan mencapai 7,2 Mbps. Jaringan 3,5G juga diaplikasikan ke perangkat modem nirkabel yang biasanya dipakai untuk akses internet pada laptop.

12. Apakah yang dimaksud dengan daerah Hotspot?

Jawab: 

    Hotspot adalah lokasi fisik tempat orang dapat mengakses Internet, biasanya menggunakan Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dengan router yang terhubung ke penyedia layanan Internet (ISP). Kebanyakan orang menyebut lokasi ini sebagai “Hotspot Wi-Fi”atau “koneksi Wi-Fi”.

13. Layanan apa sajakah yang disediakan di internet?

Jawab:

  • Search Engine
  • E-Mail
  • World Wide Web
  • E-Commerce
  • Chatting
14. Keuntungan dan kerugian penggunaan internet?
Jawab:

Keuntungan
    Internet dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan manusia.  Individu menggunakan internet tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan, tetapi juga untuk terhubung dengan orang lain, bahkan mencari sumber pendapatan tambahan dengan menawarkan jasa dan barang untuk dijual.
Kerugian
    Internet rentan terhadap pencurian data pribadi, seperti informasi kartu kredit, alamat, atau nomor telepon. Ini dapat menyebabkan kerugian finansial dan masalah keamanan. Perlindungan data pribadi menjadi sangat penting, dan pengguna harus berhati-hati saat berbagi informasi online.

15. Layanan internet yang paling bermanfaat bagi kamu adalah?
Jawab: 

Layanan Internet yang paling bermanfaat bagi saya salah satunya adalah email.

16.  Jelaskan pengertian 1G, 2G, 2.5G, 3G dan 3.5G!

Jawab:

    1G atau Generasi Pertama (First Generation) adalah sebuah istilah untuk menyebutkan generasi pertama teknologi-teknologi yang digunakan pada sistem komunikasi seluler

    2G (atau 2-G) adalah singkatan dari teknologi generasi kedua telepon seluler. Teknologi seluler ini hadir menggantikan teknologi seluler pertama, 1G yang menggunakan sistem analog seperti AMPS (Advanced Mobile Phone System). 2G merupakan jaringan telekomunikasi seluler yang diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standar di Finlandia oleh Radiolinja (sekarang bagian dari Elisa) pada tahun 1991. Berbeda dengan 1G, 2G menggunakan sistem digital. Selain melayani komunikasi suara, 2G juga dapat melayani komunikasi teks, yakni SMS.

    Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5G yang merupakan pengembangan dari 2 G. 2.5G mengaktifkan layanan kecepatan tinggi transfer data melalui jaringan 2G yang ada ditingkatkan. 2,5G adalah layanan komunikasi suara, sms dan data 153 kbps. Teknologi 2,5 G yang terkenal adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution). 

   3G (dari bahasa Inggristhird-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000[1] untuk diaplikasikan pada jaringan telepon seluler. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga.

    3,5G atau dikenal juga sebagai super 3G merupakan peningkatan dari teknologi 3G, terutama dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (>2Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan bertukar data video (video sharing).

 17. Sebutkan hardware dalam jaringan dan fungsinya!

Jawab: 

  • Modem, Modulator Demodulator atau sering disebut dengan Modem merupakan sebuah perangkat yang dapat menghubungkan komputer ke jaringan internet. Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. 
  • Kabel Jaringan, dimana merupakan sebuah peralatan yang memiliki fungsi sebagai media penghubung bagi antara satu komputer dengan komputer lain atau dari komputer ke perangkat jaringan lainnya.
  • Network Interface Card atau NIC merupakan sebuah kartu jaringan yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar komputer dengan jaringan. Pada umumnya Network Interface Card ini telah terintegrasi dengan motherboard komputer serta laptop, tetapi ada juga yang berupa kartu dimana perlu untuk ditancapkan ke pada motherboard. 
18. Sebutkan 3 Topologi LAN!
Jawab:
    Pada LAN biasa, kecepatan transmisi sekitar 10-100 Mbps (Megabit/second), dan faktor kesalahan kecil. Topologi yang digunakan biasanya topologi bus, star, ring.

19. Jelaskan arti dari Browsing, Chatting, E-Mail, Search Enggine, Bloging!
Jawab: 
    Browsing adalah aktivitas mencari informasi di dalam sebuah web browser. Jadi browsing ini hampir sama pengertiannya dengan searching atau mencari. Ketika berselancar diinternet, pasti akan melakukan browsing atau mencari sebuah informasi yang memang ingin kita cari.
    Chatting dapat diartikan sebagai fasilitas yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang dalam bentuk teks secara dengan pengguna internet di seluruh dunia yang sedang online dalam saat bersamaan.
    Email atau disebut elektronik mail, atau surat elektronis surat dengan format digital ditulis dengan menggunakan computer dan dikirimkan melalui jaringan komputer. 
    Searching adalah sebuah metode pencarian guna  menemukan data informasi yang sedang dicari di dalam sebuah kumpulan yang memiliki type data sama. Pencarian diperlukan untuk mendapatkan informasi/data dari kumpulan data yang belum diketahui.          
    Search engine atau apabila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah mesin pencari pada dasarnya merupakan progam berbasis yang diperuntukkan mencari informasi di dalam world wide web (www) Pencarian informasi melalui search engine bisa didapatkan dengan menyesuaikan dengan kata kunci yang pengguna masukkan.
    Blogging adalah aktivitas mengelola blog seperti menulis, memperbarui atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video) pada konten blog. Aktivitas ini dilakukan oleh blogger dengan memanfaatkan tool digital yang ada di Internet.

 20. Ceritakan Sejarah singkat internet!
Jawab: 

Internet dimulai sebagai proyek penelitian militer di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Pada awalnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) merancang jaringan komputer yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) untuk memungkinkan ilmuwan dan peneliti berbagi informasi dan sumber daya komputasi.

Pada tahun 1970-an, ARPANET berkembang pesat, menghubungkan universitas, lembaga penelitian, dan pusat-pusat militer di seluruh Amerika Serikat. Kemudian, protokol komunikasi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) diadopsi, yang menjadi dasar bagi internet yang kita kenal saat ini.

Pada tahun 1980-an, ARPANET terpisah dari militer dan mulai digunakan secara luas di kalangan akademisi dan masyarakat umum. Selama dekade ini, jaringan serupa juga muncul di negara lain di seluruh dunia.

 

Pada tahun 1990, World Wide Web (WWW) diciptakan oleh Tim Berners-Lee di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) sebagai cara untuk menyusun dan mengakses informasi yang tersebar di internet dengan mudah menggunakan hypertext. Ini membuka pintu bagi pertumbuhan eksplosif internet dan mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, dan mengakses informasi.

Dari tahun 2000-an hingga saat ini, internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, memengaruhi hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk komunikasi, perdagangan, pendidikan, hiburan, dan politik. Inovasi seperti media sosial, e-commerce, streaming video, dan komputasi awan terus mengubah dan memperluas kemampuan dan dampak internet di seluruh dunia.


Nama : Annisa Ulinnuha

Kelas : 10A


Top of Form

 


B



  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penemu dan Sejarah Perkembangan Microsoft Windows